Breaking News
Home » Kurikulum 2015

Kurikulum 2015

Kurikulum Program Studi Kimia disusun berdasarkan Keputusan Rektor No 35 Tahun 2015 tentang Kurikulum Kompetensi Dasar dan Utama Program Sarjana (S.1) dan Diploma 3 (D.3) UIN Walisongo Semarang yang kemudian dijabarkan dalam naskah akademik. Kurikulum Program Studi Kimia diselaraskan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang telah diatur dalam Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan juga terbitnya Permendikbud No 049 Tahun 2014 tentang Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan mengintegrasikan Unity of Sciences. Kurikulum ini memuat beberapa kompetensi utama lulusan, yaitu:

  1. Memiliki kemampuan yang mendalam dan komprehensif dalam bidang kimia dan aplikasinyayang dijiwai nilai-nilai Islam berbasis kesatuan ilmu (unity of sciences) dan kearifan lokal. (kemampuan di bidang pengetahuan)
  2. Memiliki wawasan keilmuan sehingga mampu merumuskan konsep dasar ilmu kimia melalui penelitian laboratoris, deduksi teoritis, dan secara inter- atau multidisiplin (kemampuan di bidang pengetahuan)
  3. Menguasai prinsip pengelolaan, keselamatan kerja di laboratorium kimia dan industri kimia, serta penanganan bahan kimia yang baik dan benar (kemampuan di bidang manajerial)
  4. Mampu memecahkan permasalahan kimia di masyarakat melalui pendekatan ilmiah yang komprehensif (kemampuan di bidang manajerial)
  5. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (kemampuan di bidang manajerial)
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang kimia serta mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah (kemampuan di bidang kerja)