Home » Berita Kampus » Seminar Nasional Riset dan Publikasi Ilmiah Teknologi Pengolahan Air Limbah

Seminar Nasional Riset dan Publikasi Ilmiah Teknologi Pengolahan Air Limbah

Semarang – Jumat, 6 Desember 2019 Prodi Kimia UIN Walisongo Semarang mengadakan seminar nasional dengan tema “Riset dan Publikasi Ilmiah Teknologi Pengolahan Air Limbah”. Acara seminar berlangsung di Auditorium 1 lantai 1 Kampus 1 UIN Walisongo pada pukul 7.30-11.30. Pembicara pada seminar nasional ini adalah Dr Yacouba Sanou, Dani Puji Utomo, ST, MT, dan Malikhatul Hidayah, ST, M.Pd.
Dr Yacouba Sanou, dosen dari Universitas Joseph Ki Zerbo Burkinafaso yang datang ke UIN Walisongo dan menjadi pembicara seminar nasional dalam rangkaian acara Teacher Exchange yang disponsori oleh DAAD Jerman, menyampaikan materi mengenai polusi air. Mr Sanou adalah dosen yang ahli dalam kimia lingkungan. Topik yang diambil mengenai manajemen sumber air di Burkina Faso dengan studi kasus pada sungai Mouhoun. Manajemen sumber air dengan perencanaan yang kurang mengakibatkan terjadinya kelangkaan air. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dari perspektif Kimia Lingkungan.
Pembicara kedua yaitu Dani Puji Utomo, S.T, M.T seorang peneliti muda dari Universitas Diponegoro. Usianya masih sangat muda dan baru mulai melakukan penelitian sejak tahun 2016 namun sudah mempunyai 25 publikasi terindeks Scopus dan H-index 5. Beliau menyampaikan pengalamannya dalam teknis penulisan jurnal termasuk software yang diperlukan untuk menampilkan data standar jurnal. Tidak hanya tentang teknis namun juga dimulai dari cara pemilihan jurnal dan komponen penilaian review agar jurnal berpeluang diterima. Dosen yang menjadi peserta seminar pun sangat antusias saat Pak Dani memberikan tips-tips penulisan jurnal.
Seminar nasional kimia tahun 2019 ini juga menghadirkan pembicara Ketua Jurusan Kimia UIN Walisongo Semarang yang menyampaikan tentang metode pengolahan air limbah dari berbagai bahan pencemar. Peserta juga mendapat ilmu tentang bahan-bahan di alam yang dapat digunakan untuk menjernihkan air yang telah tercemar. Peserta seminar nasional kimia berperan aktif saat sesi tanya jawab. Seminar ditutup pada pukul 11.30 setelah dilakukan sesi foto bersama (Ika).

About Admin Prodi Kimia || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Diskusi Dosen Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia Fakultas Saintek UIN Walisongo

Semarang (3/12/2019) – Kegiatan Diskusi Dosen yang rutin diadakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan …