Breaking News
Home » Tujuan dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran

Tujuan Program Studi Kimia

  1. Menyiapkan sarjana muslim yang bertaqwa dan ahli/ profesional dalam bidang ilmu kimia sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada lingkup nasional, regional dan global.
  2. Mengembangkan penelitian dan menyebarkan ilmu kimia yang dilandasi nilai-nilai keislaman untuk kesejahteraan manusia baik secara material maupun spiritual, duniawi maupun ukhrawi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian yang dapat diterapkan dan memberikan kemanfaatan dalam masyarakat luas.

Tujuan FST, yaitu:

  1. Melahirkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan profesional dengan keluhuran budi yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu pengetahuan;
  2. Mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa dan bernegara

Tujuan UIN Walisongo, yaitu:

  1. Melahirkan lulusan yang memiliki kapasitas akademik dan profesional dengan keluhuran budi yang mampu menerapkan dan mengembangkan kesatuan ilmu pengetahuan;
  2. Mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang kontributif bagi peningkatan kualitias kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa, dan bernegara.

Sasaran:

  1. Pendidikan: Meningkatkan kualitas Program Studi agar mampu menyediakan fasilitas yang memadai, yang meliputi bahan ajar (kurikulum dan RPS), dosen yang qualified, sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan kebutuhan pendidikan pada Program Studi Kimia. Semua aspek diharapkan dapat memenuhi substansi pengembangan masyarakat dan kebijakan sosial.
  2. Penelitian: Mengembangkan penelitian berbasis unity of sciences dan kearifan lokal dengan melibatkan semua dosen dan mahasiswa serta tenaga pranata laboratorium pendidikan. Hasil yang ditargetkan dalam penelitian ini, antara lain laporan penelitian, publikasi dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi, seminar nasional dan seminar internasional, serta HAKI. Kegunaan hasil penelitian diharapkan juga memberi kontribusi besar terhadap perbaikan kurikulum, RPS, bahan ajar dan proses pembelajaran.
  3. Pengabdian Masyarakat: Melalui hasil penelitian yang telah dilakukan disusun berbagai model dan inovasi baru pengembangan pendidikan/ pembelajaran di perguruan tinggi, perusahaan, serta masyarakat. Hasil inovasi itu ditawarkan kepada para pemangku kepentingan melalui proses pengabdian kepada masyarakat. Sekurang-kurangnya setiap tahun ditargetkan menerapkan hasil penelitian kepada para pemangku kepentingan, khususnya pihak masayarakat maupun instansi pemerintahan. Pengabdian ini melibatkan dosen dan mahasiswa dalam memfasilitasi kegiatan yang ada dalam masyarakat sambil menguji efektivitas dari hasil penelitian. Ini semua dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.
  4. Kelembagaan: Mencapai akreditasi minimal B pada tahun 2020 dan semakin meningkatnya rasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung Prodi.