Home » Umum » Diskusi Dosen Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia Fakultas Saintek UIN Walisongo

Diskusi Dosen Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia Fakultas Saintek UIN Walisongo


Semarang (3/12/2019) – Kegiatan Diskusi Dosen yang rutin diadakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang setiap hari Selasa dua minggu sekali, kali ini ada yang berbeda. Selain dari narasumber internal, Ervin Tri Suryandari, M.Si, dosen jurusan kimia UIN Walisongo, kegiatan diskusi dosen ini juga diisi oleh narasumber eksternal dari University Joseph KI-ZERBO Burkina Faso, Dr. Yacouba Sanou, M.Sc.
Turut hadir pula Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Saminanto, S.Pd., M.Sc. membuka dan memberikan kata-kata sambutan pada kegiatan diskusi dosen tersebut. Ia berterimakasih atas kehadiran dan kesedian Yacouba Sanou sebagai dosen tamu dari University Joseph KI-ZERBO Burkina Faso untuk sharing ilmu dan pengalaman di Fakultas Sains dan Teknologi Jurusan Kimia dan Pendidikan Kimia UIN Walisongo Semarang. Ia juga berharap kegiatan ini akan menjadi langkah untuk menjalin kerjasama dan membuka international networking antara kedua pihak.
Topik yang diangkat pada kegiatan diskusi dosen kali ini mengenai sintesis membran komposit PVDF-Zeolit untuk pengolahan zat warna oleh Ervin Tri Suryandari, M.Si. Membran komposit ini diharapkan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan limbah pewarna tekstil terutama metilen biru yang banyak mencemari sungai. Kegiatan diskusi kemudian dilanjutkan oleh Dr. Yacouba Sanou, M.Sc dengan topik yang tidak jauh berbeda dengan pencemaran lingkungan yaitu kimia lingkungan dengan fokus pencemaran air di daerah rural Burkina Faso. Pencemaran air oleh logam berat arsenik hingga ke air tanah dan terbatasnya sumber air merupakan permasalahan yang sangat penting untuk segera diselesaikan disana. Berbagai penelitian telah dilakukan oleh Yacouba Sanou dan tim dimana salah satunya adalah dengan penambahan ferromagnetic carbon untuk menghilangkan senyawa arsenic pada air.
Kegiatan Diskusi berlangsung menarik dengan beberapa sesi tanya jawab dan diakhiri dengan sharing pengalaman mengenai penelitian water treatment dan penulisan jurnal ilmiah tingkat international oleh Yacouba Sanou (Nia).

About Admin Prodi Kimia || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Jurusan Kimia UIN Walisongo Eratkan Hubungan Dengan BBPTPI

Semarang – Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Provinsi Jawa Tengah menandatangani perjanjian kerjasama …