Home » Berita Kampus » Mahasiswa Kimia Lakukan Kunjungan Ke PT VICTORIA CARE

Mahasiswa Kimia Lakukan Kunjungan Ke PT VICTORIA CARE

Kamis (14/11) sebanyak 5 dosen dan 30 mahasiswa jurusan kimia UIN Walisongo berkunjung ke Perusahaan dan Omah Herborist milik PT. Victoria Care, Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti MoU antara jurusan kimia dengan PT. Victoria Care diantaranya adalah perusahaan memberikan kesempatan untuk lulusan kimia UIN Walisongo menjadi karyawan QC/QA. Victoria Care merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Perusahaan yang beberapa produknya telah tersertifikasi halal tersebut memproduksi kosmetik, peralatan mandi, dan perawatan kesehatan. Supervisor perusahaan, Bapak Widiyanto menyambut dengan baik kedatangan rombongan. Beliau menyatakan bahwa perusahaan yang memproduksi produk kecantikan, sangatlah dibutuhkan peran kimiawan terutama pada proses pengontrolan kualitas produk dan pengelolaan limbah pabrik.
Selama kurang lebih 2 jam, mahasiswa diajak untuk belajar proses produksi, uji kualitas produk, pengemasan, hingga pengolahan limbah. Di dalam proses produksi, mahasiswa dikenalkan kepada beragam produk yang menggunakan bahan baku alami seperti daun sirih, manjakani, minyak zaitun, dan lain sebagainya. Mahasiswa juga masuk ke dalam laboratorium untuk mempelajari proses uji kimia, uji fisika, uji stabilitas, dan lain-lain. Di dalam proses pengemasan, mahasiswa diperlihatkan tahapan-tahapan mulai dari filling, sealing, dan labelling. Di bagian akhir, mahasiswa diajak berkeliling minimuseum. Di dalam minimuseum terdapat beberapa dokumentasi warisan leluhur dan koleksi benda-benda kuno seperti peralatan menyirih, tempat membasuh kaki para raja, alat tindik, dan lain-lain.
Setelah mempelajari semua kegiatan tentang perusahaan, mahasisawa diajak sharing dan melihat bioskop mini tentang “Secret Garden” yang akan dibuka di Bali. Kegiatan diakhiri dengan melihat hasil produksi PT. Victoria Care di Omah Herborist (Fita).

About Admin Prodi Kimia || UIN Walisongo Semarang

Check Also

Seminar Nasional Riset dan Publikasi Ilmiah Teknologi Pengolahan Air Limbah

Semarang – Jumat, 6 Desember 2019 Prodi Kimia UIN Walisongo Semarang mengadakan seminar nasional dengan …